ACE Hardware Indonesia, bagian dari Kawan Lama Group, secara resmi mengumumkan metamorfosis namanya menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) mulai 31 Desember 2024. Seiring dengan perubahan ini, jaringan ritel perkakas yang sebelumnya dikenal sebagai ACE Hardware kini bertransformasi menjadi AZKO, efektif pada awal 2025.
Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja, menuturkan bahwa perubahan ini tidak hanya sebatas nama dan identitas, tetapi juga mencakup perombakan menyeluruh pada 245 gerai yang tersebar di 75 kota di seluruh Indonesia. Proses perubahan papan nama dan identitas toko dari ACE Hardware menjadi AZKO diharapkan rampung pada kuartal pertama tahun 2025.
Selain perubahan nama dan identitas, AZKO juga memperkenalkan konsep toko Generasi Selanjutnya yang modern, interaktif, inspiratif, dan relevan. Konsep ini dirancang untuk memberikan pengalaman belanja terbaik bagi pelanggan di Indonesia dan akan diimplementasikan secara bertahap selama tiga tahun ke depan. “Toko-toko yang diupgrade sebanyak 245 toko dalam waktu tiga tahun,” ungkap Gregory saat acara di Mall Living World Alam Sutera, Tangerang, Kamis (9/1/2025).
Gregory menjelaskan bahwa nama AZKO dipilih karena memiliki makna yang mewakili koleksi produk yang lengkap dan layanan komprehensif. Huruf “A” hingga “Z” dalam nama AZKO merepresentasikan ragam produk yang tersedia untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, mulai dari peralatan rumah tangga hingga gaya hidup. “Adapun arti nama AZKO sendiri, adalah koleksi produk yang lengkap dari A hingga Z dan didukung layanan komprehensif serta ide-ide kolaboratif untuk menginspirasi hidup yang lebih baik,” jelas Gregory.
AZKO hadir dengan semangat baru yang mengedepankan persona familiar, proaktif, optimistik, dan dapat diandalkan. Dengan pendekatan ini, AZKO berambisi untuk menjadi lebih dari sekadar toko ritel, melainkan sebagai penasihat terpercaya yang siap membantu pelanggan dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, baik di rumah maupun dalam aspek gaya hidup lainnya. Peran sebagai penasihat terpercaya ini mencakup pemberian solusi yang bermakna, inspiratif, dan relevan dengan kebutuhan pelanggan.
“Semangat ini juga tercermin di logo kami yang memasang visual lingkaran terbuka, merepresentasikan komitmen kami untuk ‘open the door to better living’ atau membuka pintu untuk kehidupan yang lebih baik,” tambah Gregory. Dengan transformasi ini, AZKO berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia dan terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.
Transformasi ACE Hardware Indonesia menjadi AZKO menandai langkah besar perusahaan dalam menghadapi tantangan masa depan. Dengan perubahan nama, identitas, dan konsep toko, AZKO berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih baik dan menjadi mitra terpercaya bagi pelanggan dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Transformasi ini diharapkan dapat membawa AZKO ke posisi terdepan dalam industri ritel di Indonesia.